Selain makanan, ada juga minuman tradisional yang masih dikonsumsi hingga kini. Meskipun zaman sudah berubah, tetapi keinginan untuk menikmati minuman yang khas tetap ada. Apalagi bagi orang dewasa atau senior, tentunya ini menjadi nostalgia jaman dulu saat belum banyak minuman modern. Yup, memang benar jika kebanyakan minuman tradisional terbuat dari rempah-rempah yang kaya. Bagi yang ingin kembali ke masa lalu, ada beberapa minuman nih yang mungkin menjadi favorit anda sejak dulu.

Wedang Ronde

Minuman yang sangat khas malam hari ini memberikan efek yang menghangatkan. Pada saat musim hujan atau musim dingin, kita sering menjumpai pedagang wedang ronde entah di pinggir jalan maupun yang berjualan keliling. Meskipun sangat sederhana, namun minuman ini ampuh bagi yang sedang kedinginan. Ternyata wedang ronde ini khas Jawa Tengah lho. Karena sederhananya, anda juga bisa membuatnya sendiri di rumah.

Bandrek

Masih dengan minuman tradisional yang hangat, ada bandrek dari Jawa Barat. Aromanya yang khas juga menjadi favorit disaat musim dingin. Tak hanya bisa menghangatkan tubuh saja, bandrek ini juga menyehatkan lho. Rempah rempah yang digunakan dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Ada beberapa masalah kesehatan seperti masuk angin ataupun radang yang bisa diatasi dengan minuman ini. Bagi yang merasa kalau bandrek ini terlalu pedas, anda bisa menambahkan susu juga lho. Walaupun terkesan jadul, tapi minuman khas ini masih bisa kita temukan bahkan di supermarket. Ada produk bandrek instan yang bisa anda buat sendiri di rumah.

Kunyit Asam

Pindah ke minuman yang segar, ada kunyit asam nih. Sudah pada familiar kan dengan yang satu ini? Tak hanya bisa mengurangi rasa nyeri haid lho tetapi beberapa masalah kesehatan lainnya seperti gula darah dan komplikasi jantung. Yup, curcumin yang terkandung pada jamu kunyit asam sangat kaya akan manfaat. Tak heran jika para ibu hamil senang untuk minum jamu ini. Namun anda harus tetap memperhatikan dosisnya ya. Seperti yang kita ketahui, mengkonsumsi sesuatu dalam jumlah yang terlalu banyak juga tidak baik. Jadi, konsumsilah secara bijaksana.

Es Cendol

Siang bolong menyantap segelas es cendol pastinya sangat menyegarkan. Yup, minuman tradisional ini memang menggairahkan dengan campuran gula aren dan serutan es. Harganya sangat terjangkau lho namun dengan rasa yang tak kalah nikmatnya dari minuman kekinian yang disukai para milenial. Es cendol ini sangat khas akan rasa manis dan gurih dari kuah santan nya. Ditambah lagi dengan cendol yang memiliki rasa legit. Semua bahan-bahan yang digunakan benar-benar bercampur sempurna di dalam satu gelas.

Sekoteng

Kembali ke Jawa Tengah lagi, ada minuman tradisional yang namanya sudah terkendal dimana mana. Yup, sekoteng merupakan minuman yang sangat khas dengan isian yang bermacam-macam. Tak hanya jahe dan gula saja tetapi masih ada yang lainnya seperti roti tawar, bubuk mutiara, dan kacang tanah. Dijamin bakalan kenyang deh meskipun kelihatannya sedikit.

Wedang Uwuh

Minuman yang sekilas terlihat seperti “sampah” atau yang sering disebut wedang uwuh, juga nikmat lho dinikmati saat cuaca dingin. Dari pengemasannya saja sangat berbeda dengan kebanyakan minuman yang umumnya dalam bentuk serbuk. Wedang uwuh ini masih berbentuk herbal asli lho. Mungkin inilah yang menjadikan minuman ini mirip sampah. Untuk cara menyeduhnya, anda harus menyiapkan air panas. Dari rempah-rempah yang dimasukan ke dalam satu kemasan, ada banyak khasiat yang bisa anda dapatkan seperti melancarkan sirkulasi darah. Namun bagi anda yang tidak terlalu suka dengan minuman rempah, mungkin anda tidak begitu suka dengan rasanya karena sangat herbal sekali.

Wedang Angsle

Minuman yang juga bisa dibilang makanan ini sangat cocok dinikmati dikala dingin. Kombinasi dalam satu porsi wedang ini cukup mengenyangkan lho yaitu kacang hijau, ketan, roti tawar, dan pastinya kuah santan. Kota Malang adalah destinasi dimana anda bisa menemukan wedang angsle ini. Meskipun sudah ada dimana saja, namun menikmati minuman tradisional ini di tempat asalnya akan terasa lebih nikmat lagi. Nah, jika berkesempatan untuk liburan di kota apel ini, masukan wedang angsle ke dalam list kulineran anda ya.